Kota Surabaya adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur yang sudah mulai berdiri sejak tahun 1293 tepatnya pada tanggal 31 Mei. Kota dengan total luas wilayah mencapai 350.54 km2 memiliki 31 kecamatan dan 136 desa atau kelurahan. Jika Anda ingin berlibur maka Kota Surabaya bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Bandara Internasional Juanda adalah sebuah bandara yang terdapat di Kota Surabaya akan mempermudah perjalanan Anda sebagai wisatawan.

Baca Juga: Wisata Alam dan Seni yang Dekat Hanging Gardens Ubud

Selama menjadi tamu di Kota Pahlawan Anda tidak perlu khawatir akan tempat untuk beristirahat atau penginapan yang nyaman. Hotel Ciputra World Surabaya dapat menjadi salah satu pilihan peristirahatan. Hotel yang berlokasikan di Jl. Mayjen Sungkono Kav, 87-86 Jawa Timur memberikan berbagai fasilitas yang membuat liburan Anda semakin berkesan. Hotel ini memiliki kamar yang lapang dengan desain yang unik serta pelayanan 24 jam.

Bukan hanya itu saja, selain berlibur bersama keluarga anda juga dapat menggunakan salah satu fasilitas hotel ini untuk melakukan pertemuan bisnis Anda. Sehingga Anda dapat melakukan perjalanan sambil menuntaskan pekerjaan Anda. Jika sudah menumukan hotel yang pas saatnya untuk menjelajah Kota Surabaya yang kaya akan sejarahnya. Kota yang akrab disapa sebagai Kota Pahlawan ini ternyata memiliki sebuah monument yang juga menjadi markah Kota Surabaya.

Tempat Wisata

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah sebuah monument yang dibangun dengan ketinggian 41,15 m, dengan bentuk lingga atau speerti paku terbalik. Tugu pahlawan terletak di Jl. Pahlawan, alun – alun contong, Bubutan, Kota Surabaya. Bangunan yang berdiri kokoh ini bukan hanya sebatas bangunan saja, melainkan memiliki makna disetiap sudutnya. Tubuh monument ini berbentuk lengkungan – lengkunga sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas.

Makna dari canalures (lengkungan) mengandung makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945. Yang kita ketahui bersama bahwa tanggal tersebut merupakan sebuah tanggal yang sangat bersejarah bagi Bnagsa Indonesia. Tugu Pahlawan ini juga dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya dengan luas lahan bangunan 1,3 Hektar.

Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah sebuah taman wisata yang berada di pusat Kota Surabaya. Pemberian nama untuk tempat wisata satu ini bukan sebuh penamaan biasa, melainkan sebuah nama seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam penyebaran Agama Islam di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Beliau adalah Ki Ageng Supo yang kemudia mendapatkan gelar Sunan Bungkul atau Mbak Bungkul, dimana makam beliau tepat berada di belakang taman ini dan sekaligus menjadi tempat bagi para peziarah.

Baca Juga: Kafe Asyik di Sekitar Kemang

Tempat ini berada di Jl. Taman Bangkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Dan mulai diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007. Uniknya Taman Bangkul ini menerima penghargaan The 2013 Asian Townscape Award yang diberikan oleh Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) sebagai taman terbaik se- Asia pada tahun 2013.

Oleh oleh khas Surabaya

Selain kaya akan peninggalan sejarah dalam setiap perjalanan belum lengkap jika berkunjung ke Kota Pahlawan tanpa membawa pulang buah tangan khas Surabaya baik untuk sanak saudara ataupun rekan kerja dan tetangga.

Kerupuk Ikan Kenjeran

Kenjeran adalah salah satu tempat wisata pantai yang juga terkenal di Surabaya selain Tanjung Perak, yang selama ini lebih kita kenal sebagai pelabuhan. Pantai Kanjeran menghasilkan kekayaan lautnya yang melimpah bagi masyarakat pesisir. Menariknya pantai ini juga memberikan sebuah inovasi bagi masyarakat sekitar untuk mengolah ikan tangkapan dari hasil melaut untuk dijadikan olahan kerupuk ikan kenjer.

Jika Anda melakukan perjalanan ke Pantai Kejeran, semakin dekat Anda dengan lokasi tersebut Semakin kuat aroma kerupuk ikan tersebut. Anda dapat membeli kerupuk ini sebagai oleh – oleh dalam perjalanan kali ini dan wisatawan juga dapat membelinya dalam kondisi mentah ataupun yang sudah digoreng. Uniknya kerupuk ini tampil dengan bahan dasar cumi – cumi, rumput laut, dan juga kerang.

Jenang & Sirup Mangrove

Tanaman Mangrove bukan hanya bermanfaat sebagai pencegah abrasi saja, akan tetapi dari tangan – tangan kreatif lahirlah sebuah inovasi dari olahan mangrove. Jika anda dating ke Kawasan Rungkut, Surabaya Anda akan menemukan Jenang & Sirup Mangrove yang diolah menggunakan bahan dasar mangrove oleh patani sekitar. Rasa yang dihasilkanpun tak perlu diragukan, mangrove yang diolah menjadi makanan jenang memberikan tekstur kenyal dengan rasa yang legit serta warna coklat yang cerah. Uniknya makanan satu ini bukan dibungkus menggunakan plastic seperti pada umumnya, melainkan dibungkus menggunakan pelepah daun pisang yang sudah kering.

Baca Juga: Akhir Pekan? Yuk, Menjelajah Serpong

Sementara sirup mangrove cenderung asam dan manis dan lebih segar jika disajikan dingin. Dan sirup ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, Yodium dan Antioksidan yang baik untuk system imunitas tubuh. Untuk dapat merasakan cita rasa jenang dan sirup mangrove anda dapat menemukannua di Jl. Sonnetaria Rungkut, Surabaya.

Kunjungi Link Artikel Terkait:

Tempat Wisata Cilacap

Tempat Wisata Demak

Tempat Wisata Grobogan

Tempat Wisata Jepara

Tempat Wisata Karanganyar